Rabu, 02 Januari 2008

Perangkat Keras Jaringan

Router

Didalam packet-switched networks seperti Internet, Router adalah sebuah peralatan atau dalam beberapa kasus, Router dapat berupa sebuah perangkat lunak dalam komputer, yang menentukan titik jaringan berikutnya sebagai tujuan kemana paket data tersebut harus dikirim. Router terhubung dengan setidaknya 2 buah jaringan yang berbeda dan menentukan lewat mana sebaiknya data dikirm. Router terletak di setiap Gateway (dimana sebuah jaringan bertemu dengan jaringan yang lain), Router juga sering dimasukkan dalam bagian dari network switch.
Secara umum Router digunakan untuk menghubungkan 2 buah network yang berbeda sehingga client dari masing-masing network tersebut dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Seperti misalnya untuk menghubungkan network local (192.168.x.x) dengan internet (202.x.x.x). Referensi 11xxx.
Router dapat membuat atau menjaga tabel jalur/rute dan kondisinya sehingga dapat ditentukan dengan algoritma khusus mana jalur terbaik yang harus dipakai untuk melewatkan paket data. Paket data dapat melalui beberapa titik jaringan (network points) sebelum mencapai tujuan.
Untuk pengguna komputer yang mempunyai koneksi internet (high speed connection) seperti kabel, satelit atau DSL, Router dapat juga bertindak sebagai Firewall, walaupun user hanya mempunyai sebuah komputer saja.
Para IT engineer percaya bahwa penggunaan Router memberikan proteksi yang lebih baik terhadap hacking dari pada penggunaan software Firewall. Hal ini dikarenakan tidak ada Internet Protocol address (IP Address) yang langsung mengakses internet. Ini membuat port scan, sebuah teknik untuk mencari kelemahan sistem user, hampir tidak dimungkinkan. Selain itu Router tidak mengkonsumsi resources dari komputer seperti dalam penggunaan software Firewall. Router komersil sangat mudah di-install dan tersedia untuk jaringan kabel atau wireless dengan harga terjangkau.


Kabel Jaringan


Era informasi saat ini sungguh sangat mencengangkan! karena di Indonesia sendiri sebagai negara berkembang sudah mulai menilik ke depan dengan menggunakan teknologi informasi sebagai tahap untuk membangun bangsa. Dengan adanya Kementrian Komunikasi dan Informasi dengan mengeluarkan beberapa standar nasional untuk bidang teknologi informasi di Indonesia. Dengan adanya standarisasi nasional, tentu keberadaan teknologi informasi akan semakin bersinergi dengan baik. Untuk standarisasi Teknologi Informasi dilakukan secara nasional dan juga tidak boleh melanggar ketentuan standar internasional, ini dimaksudkan agar keberadaan peralatan masih tetap dapat digunakan di Indonesia dan dunia Internasional. salah satu standar internasional yang akan kita lirik saat ini adalah keberadaan kabel jaringan/UTP (Unshield Twisted Pair) yang digunakan untuk keperluan transfer data dan informasi melalui jaringan LAN (Local Area Network) baik untuk internal maupun untuk menuju ke Internet. Kabel UTP sudah memilik standar internasional baik dari segi ukuran maupun pewarnaan kabel. Warna di kabel jaringan memiliki 8 (delapan) jenis warna yaitu :
- putih-kuning
- kuning
- putih-hijau
- hijau
- putih-biru
- biru
- putih-coklat
- coklat
Dengan standar warna dan ukuran, maka setiap perusahaan yang akan memproduksi kabel UTP harus mengikuti standar internasional agar dapat masuk ke pasar. Pemasangan Kabel UTP harus mengikuti standar internasional (dan tentu saja secara nasional ketentuan ini berlaku) untuk urutan pemasangan kabel dan pengaturan jenis transfer data melalui kabel ini. ada dua jenis tipe pengaturan/konfigurasi kabel UTP, yaitu :
- Straight (langsung)
- Cross (menyilang)
Urutan angka, yaitu :
- kabel Straight, ujung 1 adalah 1 2 3 4 5 6 7 8 dan ujung satunya sama 1 2 3 4 5 6 7 8 .
- kabel Cross, ujung satu adalah 1 2 3 4 5 6 7 8 dan ujung berikutnya adalah 3 6 1 4 5 2 7 8 .

oleh: Agung Surya Pratama
~http://www.channel-11.net/ina/faq/index.php?faq_id=14&category_id=9
~http://unilanet.unila.ac.id/~harid/d/node/34
~http://www.scn.put.poznan.pl/?view=showimg&td=utp-kabel
~http://www.talamona.it/default.asp?W=45

Tidak ada komentar: