Rabu, 02 Januari 2008

Perangkat Keras Jaringan

Circuit Switching

Dalam dunia telekomunikasi, jaringan circuit switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi. Sirkuit yang dedicated tidak dapat digunakan oleh penelepon lain sampai sirkuit itu dilepaskan, dan koneksi baru bisa disusun. Bahkan jika tidak ada komunikasi berlangsung pada sebuah sirkuit yang dedicated, kanal tersebut tetap tidak dapat digunakan oleh pengguna lain. Kanal yang dapat dipakai untuk hubungan telepon baru disebut sebagai kanal yang idle.
Untuk call setup dan pengendalian (dan keperluan administratif lainnya) dapat digunakan sebuah kanal pensinyalan yang dedicated dari node terakhir ke jaringan. ISDN adalah salah satu layanan yang menggunakan sebuah kanal pensinyalan terpisah. Plain Old Telephone Service (POTS) tidak memakai pendekatan ini.
Sebuah metoda untuk membangun, memonitor perkembangan, dan menutup sebuah koneksi adalah dengan memanfaatkan sebuah kanal terpisah untuk keperluan pengontrolan, misalnya untuk links antar telephone exchanges yang menggunakan CCS7 untuk komunikasi call setup dan informasi kontrol dan menggunakan TDM untuk transportasi data di sirkuit tersebut.
Sistem telepon zaman dahulu merupakan contoh penggunaan circuit switching. Pelanggan meminta operator untuk menghubungkan mereka dengan pelanggan lain, yang mungkin berada pada yang sama, atau melalui sebuah inter-exchange link dan operator lain. Dimanapun posisi para pelanggan ini, tetap terbentuk sebuah koneksi antar telepon kedua pelanggan selama hubungan telepon berlangsung. Kawat tembaga yang sedang digunakan untuk koneksi ini tidak dapat digunakan untuk hubungan telepon lain, walaupun para pelanggan ini tidak sedang berbicara dan jalur ini dalam kondisi tidak digunakan (silent).
Akhir-akhir ini sudah dapat dilakukan multiplexing terhadap berbagai koneksi yang terdapat pada sebuah konduktor, namun demikian tetap saja setiap kanal pada link yang mengalami multiplexing selalu berada pada salah satu dari dua kondisi ini : dedicated pada sebuah koneksi telepon, atau dalam keadaan idle. Circuit switching mungkin relatif tidak efisien karena kapasitas jaringan bisa dihabiskan pada koneksi yang sudah dibuat tapi tidak terus digunakan (walaupun hanya sebentar). Disisi lain, keuntungannya adalah cepatnya membuat koneksi baru, dan koneksi ini bisa digunakan dengan leluasa selama dibutuhkan.
Pendekatan lain adalah packet switching yang membagi data yang akan dikirimkan (misalnya, suara digital atau data komputer) menjadi kepingan-kepingan yang disebut paket, yang lalu dikirimkan melewati sebuah shared network. Jaringan packet switching tidak membutuhkan sebuah sirkuit khusus untuk melakukan koneksi. Dengan pendekatan ini banyak pasangan node dapat melakukan komunikasi yang hampir simultan pada kanal yang sama. Dengan tiadanya koneksi yang dedicated, masing-masing paket yang diberikan dilengkapi dengan alamat tujuan sehingga jaringan dapat mengirimkan paket tersebut ke tujuan yang diinginkan.sumber:

Ethernet Card

Ethernet adalah teknologi yang paling banyak dipakai saat ini dalam LAN (local area network). Ethernet pertama kali dikembangkan oleh XEROX, DEC, and Intel. Ethernet LAN menggunakan kabel coaxial atau twisted pair. Ethernet juga digunakan dalam wireless LAN. Ethernet yang paling banyak dipakai disebut 10BASE-T dimana dapat menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 10 Mbps (Mega bits per second). Fast Ethernet or 100BASE-T menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 100 megabits per second. Gigabit Ethernet bahkan menyediakan level yang lebih tinggi dan mendukung backbone sampai dengan 1000 megabits per second (1 gigabit atau 1 billion bits per second). 10-Gigabit Ethernet menyediakan sampai dengan 10 billion bits setiap detiknya.

Ethernet diberi nama oleh Robert Metcalfe, salah satu pengembangnya, untuk menunjuk ke passive substance yang disebut "luminiferous (transmisi cahaya) ether". CHANNEL-11 menghubungkan antena penerima ke komputer user dengan menggunakan kabel UTP yang masuk ke ethernet card (kartu jaringan). Jika user memanfaatkan layanan 64 kbps maka komputer sebenarnya dapat mengirimkan data sampai dengan batasan maksimum ethernet card yang terinstall ke radio penerima (bridge). Contoh 100 Mbps, tetapi karena dari radio penerima user memakai teknologi wireless yang hanya sampai 11 Mbps (wireless 802.11b) maka batasan datanya hanya maksimum sampai 11 Mbps. Namun mengingat layanan yang diambil adalah 64 kbps maka dari server CHANNEL-11 atas permintaan user akan dikirimkan data dengan bandwidth hanya sebesar 64 kbps. Koneksi CHANNEL-11 juga dapat dihubungkan memakai wireless dari radio penerima ke komputer user dengan catatan bahwa komputer user sudah dilengkapi dengan penerima yang kompatibel dengan 802.11b.


oleh: Elizabeth Olivia
sumber:
~http://id.wikipedia.org/wiki/Circuit_switching
~http://www.indocommerce.net/product_info.php/products_id/47
~http://www.channel-11.net/ina/faq/index.php?category_id=9&faq_id=9
~http://www.germes-online.com/catalog/96/530/34695/gigabit_lan_card.html






Tidak ada komentar: